Struktur Kurikulum Madrasah Aliyah (Ma) Tahun 2020/2021 Sesuai Kma Nomor 184 Tahun 2019 - Ruang Pendidikan
Struktur Kurikulum Madrasah Aliyah (MA) disusun dengan berpedoman dan mengacu pada struktur kurikulum yang terdapat dalam KMA Nomor 184 Tahun 2019 wacana Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Madrasah
Dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 184 Tahun 2019 di jelaskan bahwa satuan pendidikan madrasah sanggup mengerjakan inovasi dan pengembangan kurikulum sesuai dengan keperluan akseptor didik , sosial budaya dan keperluan madrasah
Pemberian wewenang dalam mengerjakan inovasi pada kurikulum tersebut satuan pendidikan madrasah sanggup mengerjakan trobosan-trobosan dalam pengembangan kurikulum serta sanggup merancang kurikulum yang fleksibel dalam menghadapi perubahan
Pengembangan Implementasi kurikulum pada Madrasah Aliyah yang dijalankan oleh satuan pendidikan madrasah sanggup dijalankan dengan menyertakan beban berguru , merelokasi jam pelajaran pada mata pelajaran tertentu untuk mata pelajaran yang lain sebanyak 6 (enam) jam pelajaran untuk keseluruhan relokasinya
:
Selain itu , pengembangan implementasi kurikulum sanggup dijalankan dengan menyelenggarakan pembelajaran terpadu terpadu (integrated learning) dengan pendekatan kolaboratif , Menyelenggarakan pembelajaran dengan Sistem Paket atau Sistem Kredit Semester (SKS). Ketentuan wacana penyelenggaraan SKS dikontrol dengan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam
Struktur Kurikulum Madrasah Aliyah
Struktur Kurikulum Madrasah Aliyah yaitu pola atau susunan mata pelajaran yang mesti ditempuh oleh akseptor didik dalam acara pembelajaran
Kedalaman muatan kurikulum pada setiap mata pelajaran pada satuan pendidikan dituangkan dalam kompetensi yang mesti dikuasai akseptor didik sesuai dengan beban berguru yang tercantum dalam struktur kurikulum.
Penyusunan Struktur dan Muatan Kurikulum Madrasah Aliyah selain mengacu pada KMA Nomor 184 Tahun 2019 wacana pedoman implementasi Kurikulum Pada Madrasah juga mesti berpedoman pada Juknis penyusunan dan Pengembangan Kurikulum Madrasah Alyah tahun 2019
Madrasah sanggup mengerjakan mata pelajaran muatan local optimal 6 jam pelajaran dengan alokasi waktu satu jam pelajaran yaitu 45 menit
Dalam menyusun kurikulum Madrasah Aliyah sanggup menggunakan struktur kurikulum tolok ukur minimal sesuai yang tertuang pada KMA Nomor 184 Tahun 2019 dengan jumlah beban berguru 51 JTM/pekan
:
- Dokumen I Kurikulum Darurat Madrasah Tahun 2020
- Contoh Dokumen I KTSP RA , MI , MTs dan MA Tahun 2020
Madrasah sanggup menyelenggarakan satu mata pelajaran muatan setempat atau lebih untuk setiap semester , Mata pelajaran muatan setempat perlu dilengkapi dengan KI dan KD yang dikembangkan oleh satuan pendidikan. Alokasi waktu muatan setempat minimal 2 jam dan optimal 6 jam
Berikut ini Struktur Kurikulum Madrasah Aliyah Peminatan MIPA sesuai dengan KMA Nomor 184 Tahun 2019
Mata Pelajaran | Alokasi Waktu Belajar Per Minggu | |||
---|---|---|---|---|
X | XI | XII | ||
Kelompok A (Umum) | ||||
1 | Pendidikan Agama Islam | |||
a. Al-Qur’an Hadis | 2 | 2 | 2 | |
b. Akidah Akhlak | 2 | 2 | 2 | |
c. Fikih | 2 | 2 | 2 | |
d. Sejarah Kebudayaan Islam | 2 | 2 | 2 | |
2 | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 |
3 | Bahasa Indonesia | 4 | 4 | 4 |
4 | Bahasa Arab | 4 | 2 | 2 |
5 | Matematika | 4 | 4 | 4 |
6 | Sejarah Indonesia | 2 | 2 | 2 |
7 | Bahasa Inggris | 3 | 3 | 3 |
Kelompok B (Umum) | ||||
1 | Seni Budaya | 2 | 2 | 2 |
2 | Pendidikan Jasmani , Olahraga dan Kesehatan | 2 | 2 | 2 |
3 | Prakarya dan Kewirausahaan | 2 | 2 | 2 |
4 | Muatan Lokal | - | - | - |
Kelompok C (Peminatan) | ||||
Peminatan Akademik : | ||||
1 | Matematika | 3 | 4 | 4 |
2 | Biologi | 3 | 4 | 4 |
3 | Fisika | 3 | 4 | 4 |
4 | Kimia | 3 | 4 | 4 |
Mata Pelajaran Pilihan : | ||||
Mata Pelajaran Pilihan Lintas Minat dan/atau Pendalaman Minat dan/atau informatika | 6 | 4 | 4 | |
Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu | 51 | 51 | 51 |
:
Berikut ini referensi pengembangan struktur kurikulum MA peminatan MIPA , IPS , Bahasa dan Budaya , dan Keagamaan.
Mata Pelajaran | Alokasi Waktu Belajar Per Minggu | |||
---|---|---|---|---|
X | XI | XII | ||
Kelompok A (Umum) | ||||
1 | Pendidikan Agama Islam | |||
a. Al-Qur’an Hadis | 2 | 2 | 2 | |
b. Akidah Akhlak | 2 | 2 | 2 | |
c. Fikih | 2 | 2 | 2 | |
d. Sejarah Kebudayaan Islam | 2 | 2 | 2 | |
2 | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 |
3 | Bahasa Indonesia | 4 | 4 | 4 |
4 | Bahasa Arab | 4 | 2 | 2 |
5 | Matematika | 4 | 4 | 4 |
6 | Sejarah Indonesia | 2 | 2 | 2 |
7 | Bahasa Inggris | 3 | 3 | 3 |
Kelompok B (Umum) | ||||
1 | Seni Budaya | 2 | 2 | 2 |
2 | Pendidikan Jasmani , Olahraga dan Kesehatan | 2 | 2 | 2 |
3 | Prakarya dan Kewirausahaan | 2 | 2 | 2 |
4 | Muatan Lokal | - | - | - |
a. Bahasa Daerah | 2 | 2 | 2 | |
b. Riset | 2 | 2 | - | |
c. Tahfidz | 2 | 2 | 2 | |
Kelompok C (Peminatan) | ||||
Peminatan Akademik : | ||||
1 | Matematika | 3 | 4 | 6 |
2 | Biologi | 3 | 4 | 4 |
3 | Fisika | 3 | 4 | 4 |
4 | Kimia | 3 | 4 | 4 |
Mata Pelajaran Pilihan : | ||||
a. Informatika | 2 | 2 | 2 | |
b. Lintas Minat dan/atau Pendalaman Minat | 4 | 2 | 2 | |
Jumlah Alokasi Waktu Per Minggu | 57 | 57 | 57 |
- Madrasah sanggup mempergunakan suplemen waktu 6 jp , dengan rincian:
- 6 jp untuk mulok seluruhnya
- 2 jp untuk mulok dan 4 jp untuk mata pelajaran lainnya
- 4 jp untuk mulok dan 2 jp untuk mata pelajaran lainnya
- Madrasah sanggup mempergunakan suplemen waktu 6 jp segalanya untuk penambahan jam pelajaran pada kalangan A dan/atau kalangan C sesuai dengan keperluan dan prioritas madrasah.
Untuk mata pelajaran peminatan IPS , Bahasa dan Budaya , dan Keagamaan tinggal di sesuaikan saja , atau anda sanggup mempelajarinya pada juknis Penyusunan Kurikulum Tahun 2020
Demikian yang sanggup mimin informasikan terkait Struktur Kurikulum Madrasah Aliyah Tahun 2020 sesuai dengan KMA Nomor 184 Tahun 2019 ini , agar berfaedah untuk kita semua utamanya satuan pendidikan Madrasah Aliyah