Panduan Pengisian Sanitasi Madrasah Ra| Mi| Mts Dan Ma Pada Emis Madrasah Tahun 2020/2021 - Ruang Pendidikan

Panduan Pengisian Sanitasi Madrasah Pada Emis Madrasah Tahun 2020-2021 merupakan tutorial yang diperuntukan bagi semua forum pendidikan madrasah mulai dari madrasah RA , MI , MTs sampai MA

Seiring dengan dimulainya pembelajaran di semester ganjil tahun aliran 2020/2021 , Pendataan Emis Madrasah pada Semester ganjil Tahun 2020/2021 juga rencananya akan dibuka dalam waktu akrab ini
Perlu rekan-rekan pahami bahwa pada layanan Emis Madrasah tahun 2020/2021 terdapat beberapa fitur gres yang di tambahkan di fitur Sanitasi Madrasah , fitur gres tersebut merupakan Indikator untuk mengukur Sanitasi Madrasah

Sanitasi Madrasah merupakan salah satu prioritas pembangunan yang mesti tercukupi di dalam forum pendidikan madrasah , lebih rincinya prioritas pembangunan yang tergolong ke dalam SDGs (Sustainable Development Goals) tujuan 4a berisikan terusan air minum patut , terusan jamban terpisah dan dalam keadaan patut serta akomodasi basuh tangan

Penerbitan Panduan Pengisian Sanitasi Madrasah Pada EMIS Tahun Pelajaran 2020/2021 berencana untuk memudahkan rekan-rekan operator madrasah dalam melakkan implementasi pengisian atribut data sanitasi madrasah lewat Emis pada Tahun Pelajaran 2020/2021

Atribut Pengisian Sanitasi Madrasah


Dalam pengisian data sanitasi madrasah pada Emis Tahun Pelajaran 2020/2021 , berikut ini beberapa atribut data sanitasi yang mesti anda lengkapi pada fitur Sanitasi Madrasah diantaranya selaku berikut:
    1. Air bersih
    2. Jamban madrasah
    3. Cuci tangan pakai sabun (CTPS)
    4. Pengelolaan limbah cair
    5. Pengelolaan sampah
      Kelima atribut Sanitasi Madrasah diatas mesti anda isi dengan lengkap dengan data yang tepat dengan keadaan yang bahwasanya dan tergolong didalamnya penggunaan media Komunikasi , Informasi , dan Edukasi (KIE) wacana sanitasi madrasah.

      Upaya KIE perlu ditangani guna mengembangkan wawasan warga madrasah dan menumbuhkan sikap hidup higienis dan sehat.

      Perhatikan Daftar Isi Panduan Pengisian Sanitasi Madrasah pada Emis Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021 berikut ini


      Panduan Pengisian Atribut Sanitasi Madrasah Pada Emis


      Setelah rekan-rekan mengenali beberapa atribut yang mesti anda lengkapi pada fitur Sanitasi Madrasah dalam layanan Emis Madrasah Ganjil 2020-2021 , berikut ini beberapa pertanyaan terkait lima (5) fitur pengisian Sanitasi Madrasah diatas diantaranya selaku berikut:

      A. Air Bersih

      • Sumber utama air higienis di madrasah (untuk keperluan sanitasi)
      Sumber utama air higienis merupakan sumber air yang paling kerap digunakan. Kebutuhan sanitasi sesuai Permendikbud No. 24/2007 mensyaratkan tersedianya bak/penampung air di kamar mandi berskala minimal 200 liter dan senantiasa dalam keadaan terisi air bersih.

      :



      Kebutuhan ini meliputi penggunaan & perawatan jamban dan acara PHBS (CTPS , gosok gigi , kebersihan lingkungan).Berikut ini beberapa sumber utama air higienis yang mesti anda lengkapi ketersediaannya
      1. Air kemasan
      2. Ledeng/PAM
      3. Pompa
      4. Sumur terlindungi
      5. Mata air terlindungi
      6. Air hujan
      7. Air sungai
      8. Sumur tidak terlindungi
      9. Mata air tidak terlindungi
      10. Tidak ada sumber air
      • Sumber air minum di madrasah
      1. Disediakan oleh madrasah
      2. Disediakan oleh siswa
      3. Tidak ada
      • Kecukupan air higienis (untuk keperluan sanitasi)
      1. Cukup setiap saat
      2. Cukup tetapi tidak setiap saat 

       B. Jamban Madrasah

      • Madrasah menawarkan jamban yang dilengkapi dengan akomodasi penunjang untuk dipakai oleh siswa berkebutuhan khusus
      1. Ya
      2. Tidak
      • Tipe toilet/jamban
      1. Leher belibis (jamban duduk/jongkok)
      2. Cubluk dengan tutup
      3. Jamban menggantung di atas sungai
      4. Cubluk tanpa tutup
      5. Tidak tersedia jamban 
      • Madrasah menawarkan pembalut cadangan
      1. Tidak
      2. Menyediakan dengan cara siswi mesti membeli
      3. Menyediakan dengan cara menampilkan secara gratis 

       C. Cuci tangan pakai sabun (CTPS)

      • Jumlah hari dalam sepekan siswa mengikuti aktivitas basuh tangan berkelompok?
      • Jumlah tempat basuh tangan yang ada di madrasah
      • Jumlah tempat basuh tangan rusak yang ada di madrasah
      • Apakah Sabun dan air mengalir tersedia di tempat basuh tangan 

       D. Pengelolaan limbah cair 

      • Madrasah memiliki saluran pembuangan air limbah dari jamban
      1. Ada saluran pembuangan air limbah ke tangki septik atau IPAL
      2. Ada saluran pembuangan air limbah ke selokan/kali/sungai
      • Madrasah pernah menyedot tangki septik dalam 3 sampai 5 tahun terakhir dengan truk/motor sedot tinja
      • Madrasah memiliki selokan untuk menyingkir dari genangan air

      E. Pengelolaan sampah 

      • Madrasah menawarkan tempat sampah di setiap ruang kelas
      • Madrasah menawarkan tempat sampah tertutup di setiap unit jamban perempuan 
      • Madrasah menawarkan cermin di setiap unit jamban perempuan
      • Madrasah memiliki tempat pembuangan sampah sementara (TPS) yang tertutup
      • Sampah dari tempat pembuangan sampah sementara dimuat secara rutin
      • Ada penyusunan rencana & penganggaran untuk aktivitas pemeliharaan dan perawatan sanitasi madrasah
      • Ada aktivitas berkala yang melibatkan siswa untuk memelihara dan merawat akomodasi sanitasi di madrasah
      :

      • Ada kemitraan dengan pihak luar untuk aktivitas sanitasi madrasah
      1. Ada , dengan pemerintah daerah
      2. Ada , dengan puskesmas
      3. Ada , dengan perusahaan swasta
      4. Ada , dengan forum non-pemerintah
      5. Tidak ada
      • Jumlah jamban murid yang sanggup digunakan:
      1. Jamban khusus laki-laki
      2. Jamban khusus perempuan
      3. Jamban bersama
      • Jumlah jamban murid yang tidak sanggup digunakan:
      1. Jamban khusus laki-laki
      2. Jamban khusus perempuan
      3. Jamban bersama
      • Madrasah memiliki aktivitas dan media Komunikasi , Informasi dan Edukasi (KIE) wacana sanitasi madrasah

      6. Penutup


      Demikian yang sanggup mimin informasikan terkait Panduan Pengisian Sanitasi Madrasah pada layanan Emis Madrasah Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021 ini , untuk mempelajari Cara Pengisian Sanitasi Madrasah lebih jelasnya silahkan anda sanggup mempelajarinya Disini

      Semoga dengan adanya tutorial ini sanggup menampilkan kepraktisan terhadap petugas pendataan dan warga madrasah yang akan mengimplementasikan pengisian atribut data sanitasi madrasah lewat EMIS pada TP 2020/2021.

      Data sanitasi madrasah yang masuk akan dianalisis menjadi Profil Sanitasi Madrasah sehingga sanggup dijadikan contoh untuk pengambilan keputusan dalam pelaksanaan acara sanitasi madrasah.