Cara Dan Tahapan Pengisian Aplikasi Ard Semester Genap Pada Akun Proktor Madrasah| Akun Guru Dan Akun Wali Kelas - Ruang Pendidikan

Aplikasi Raport Digital (ARD) ialah aplikasi yang digunakan untuk menyusun laporan analisa kepada pencapaian kompetensi penerima didik pada satuan pendidikan madrasah selama dua semester
pengisian aplikasi ard semester genap

Aplikasi ARD ini ialah aplikasi berbasis web yang sanggup diakses oleh forum madrasah di seluruh Indonesia secara online dengan memakai data internet

Untuk memakai aplikasi Raport Digital semestinya rekan-rekan pelajari apalagi dahulu Alur Penggunaan Aplikasi Rapor Digital tersebut baik sebelum memakai aplikasi ARD maupun di saat memakai aplikasi tersebut biar rekan-rekan tidak menyalahi hukum yang sudah di buat oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama

Aplikasi Raport Digital yang di gunakan pada di sekarang ini sudah hingga ke model 2.3.5 , itu artinya jikalau rekan-rekan masih memakai aplikasi ARD model 2.3.4 secepatnya anda laksanakan update ke model modern biar nanti tidak terjadi kesalahan/error , untuk mengunduhnya silahkan anda klik Disini

Namun sebelum anda melaksanakan update ARD model modern silahkan anda laksanakan Backup Data ARD Lama Ke ARD Baru apalagi dahulu biar nanti di saat anda melaksanakan Migrasi ARD Lama Ke ARD Baru sanggup berlangsung dengan berhasil dan data usang menyerupai data Guru dan yang lain masih ada , untuk itu sebelum melaksanakan update semestinya anda baca dahulu Tips Amankan Data ARD yang sudah mimin berikan pada artikel sebelumnya.

Untuk mengenali pembahasan yang mau mimin diskusikan pada potensi kali ini silahkan anda amati Daftar isi berikut ini


Cara Pengisian Aplikasi ARD Semester Genap


Perlu rekan-rekan pahami bahwa sebelum anda melaksanakan pengisian Aplikasi ARD Semester Genap , anda mesti memperhatikan tahapan-tahapan sebelum melaksanakan pengisian Raport ARD Semester Genap ,berikut ini tahapan sebelum mengisi aplikasi ARD Semester genap

:

Tahapan Sebelum Pengisian ARD Genap


Sebelum mengisi ARD Semester Genap ada beberapa hal yang mesti anda amati , diantaranya yakni selaku berikut:
  1. Pastikan bahwa Aplikasi ARD yang anda gunakan sudah memakai model modern (V.2.3.5) , jikalau belum silahkan anda update apalagi dahulu
  2. Silahkan anda cek kelengkapan data yang tersimpan pada di saat menjalankan ARD semester Ganjil yang melupiti data Mata Pelajaran , Muatan Lokal , Data Guru , Data Siswa dan lainnya

Tahapan Pengaktifan ARD Genap


Setelah tahapan diatas sudah anda penuhi , langkah selanjutnya silahkan anda laksanakan aktivasi data ARD Semester Genap untuk caranya selaku berikut:
  • Langkah pertama setelah laman ARD Proktor sudah terbuka silahkan anda cari dan klik sajian "Konfigurasi" yang berada di samping kanan lalu pilih "Konfigurasi Tahun Ajaran"==> lalu klik sub sajian "Konfigurasi Semester"
    Konfigurasi Semester
  • Langkah selanjutnya akan ada opsi semester , silahkan anda pilih semester yang mau anda aktifkan
  • Langkah selanjutnya silahkan anda seting konfigurasi cetak rapot yang terdiri daerah raport di keluarkan dan tanggal cetak raport dengan cara klik sajian "Konfigurasi" dan pilih " Konfigurasi Cetak Rapot"
  • Langkah selanjutnya silahkan anda logut dari aplikasi ARD tadi lalu silahkan anda login lagi

Tahapan Pengisian Aplikasi ARD Semester Genap


Setelah berhasil mengendalikan Tahun Ajaran , Semester dan tanggal cetak raport , selanjutnya silahkan anda amati tahapan dalam mengisi aplikasi Raport ARD Semester genap berikut ini

:

A. Masuk Akun Proktor Madrasah

  • Langkah pertama silahkan anda  login apalagi dahulu ke akun Proktor Madrasah dengan memakai username dan password admin atau yang di berikan oleh kanwil/kab
  • Pastikan model aplikasi ARD sudah terupdate ke model 2.3.5 , jikalau belum silahkan anda update apalagi dahulu
  • Selanjutnya silahkan anda cari dan klik sajian Mata Pelajaran lalu silahkan anda hapus semua Mata Pelajaran Semester I
  • Langkah selanjutnya silahkan anda cari dan klik sajian Mapel Mulok lalu silahkan anda hapus semua Mapel mulok
  • Tahapan selanjutnya silahkan anda buat data Mata Pelajaran dan Mapel mulok yang gres untuk semester Genap
  • Selanjutnya silahkan anda cek data guru dan Mata Pelajaran dan Mapel mulok yang diampu guru tersebut dan tetapkan mapel semester I sudah terhapus semua
  • langkah selanjtnya silahkan anda cari dan klik sajian "Guru" , setelah terbuka silahkan anda klik "Atur Mengajar" silahkan anda hapus semua
  • Setelah Mapel yang diampu guru sudah dihapus silahkan anda buat atau tambahkan lagi mapel yang di ampu guru
  • Langkah selanjutnya silahkan anda cari dan klik sajian "Sinkron Data"
    sinkron data ard
  • Sebelum anda melaksanakan sinkronisasi KKM tetapkan sudah tidak ada Mapel yang duplikat , jikalau masih ada silahkan anda hapus mapel yang dobel tadi biar nanti nilai yang di input sanggup bisa masuk di saat cetak rapot
  • Selesai

B. Masuk Akun Guru


Setelah Admin Madrasah/Proktor madrasah selesai mengendalikan atau mengaktifkan Aplikasi ARD Semester genap silahkan masing-masing guru sanggup melaksanakan pengisian aplikasi ARD semester Genap.

Lalu apa saja yang mesti dijalankan oleh masing-masing guru di akun Guru , berikut ini tindakan yang dijalankan oleh masing-masing guru
  • Langkah pertama silahkan anda login dengan username dan password yang di kasih oleh Admin/Proktor Madrasah
  • Langkah selanjutnya silahkan anda atur apalagi dahulu nilai KKM pada Semester Genap
  • Selanjutnya silahkan anda input nilai harian baik secara manual atau dengan cara mendownload dan upload nilai harian
  • Langkah selanjutnya silahkan anda input nilai Akhir baik secara manual atau dengan cara mendownload dan upload nilai akhir
  • Langkah terakhir setelah nilai sudah terinput semua silahkan anda laksanakan Singkron/generate
  • Selesai

C. Masuk Akun Wali Kelas


Tahapan terakhir dalam pengisian Aplikasi Raport Digital (ARD) yakni mengisi catatan siswa , tetapi sebelum itu perlu rekan-rekan pahami bahwa untuk mengisi catatan siswa cuma sanggup di laksanakan oleh guru wali kelas saja.

Untuk itu silahkan untuk anda yang kebetulan selaku wali kelas untuk masuk ke akun wali kelas guna untuk melaksanakan pencetakan rapot dan lain sebagainya , untuk perincinya silahkan anda amati tahapan berikut ini
  • Langkah pertama silahkan anda cari dan klik sajian "Wali Kelas" lalu klik siswa
  • Selanjutnya silahkan anda klik sajian catatan siswa lalu silahkan anda masukan catatan pada siswa yang bersangkutan
  • Langkah selanjutnya jikalau semua siswa sudah anda kasih catatan silahkan anda laksanakan cetak rapot dan lalu cetak leger
  • Selesai
Demikian yang sanggup mimin sampaikan terkait Cara Dan Tahapan Pengisian Aplikasi ARD Semester Genap ini , mudah-mudahan berharga dan sanggup sedikit mengendorkan beban rekan-rekan guru dalam menjalankan dan mengisi nilai siswa dalam Aplikasi Raport Digital Semester Genap ini