Panduan Pembelajaran Dari Rumah Di Tvri Jenjang Paud - Ruang Pendidikan
Program Belajar dari Rumah atau abreviasi dari BDR yang di canangkan oleh Kemendikbud merupakan suatu alternatif dalam kesibukan Pembelajaran selama anak mencar ilmu dari rumah alasannya yakni terdampak masa pandemik Covid-19.
Tayangan yang di sediakan dalam BDR (Belajar Dari Rumah) termasuk tayangan untuk bawah umur usia dini (PAUD) dan sederajat , SD (SD) dan sederajat , Sekolah Menengah Pertama dan sederajat , serta SMA/SMK dan sederajat
Agar tayangn dalam jadwal Belajar Dari Rumah sanggup berlangsung dan sanggup dimanfaatkan dengan baik , maka dikehendaki suatu tutorial yang menerangkan tentang maksud , tujuan dan alternatif aktifitas bimbingan yang dilakukan oleh orang bau tanah dalam mendampingi anak di saat mereka menyaksikan tayangan pembelajaran di TVRI serta menjawab pertanyaan yang di berikan dalam tayangan tersebut
Terutama bagi bawah umur yang masih memerlukan pengawasan lebih dari orang tuanya seumpama bawah umur yang masih duduk di dingklik sekolah tingkat PAUD dan SD.
Oleh alasannya yakni itu , pada peluang ini mimin ingin menyebarkan Panduan Pembelajaran Dari Rumah di TVRI untuk bawah umur jenjang PAUD , untuk itu silahkan anda simak tutorial berikut ini
Panduan Pembelajaran Bagi Orang Tua PAUD
Panduan ini untuk dipraktikkan orang bau tanah di saat mendampingi anak menyaksikan tayangan Jalan Sesama dan/atau sesudahnya.
:
- Jadwal Belajar Dari Rumah Hari Senin
- Live Streaming Belajar dari rumah di tvri
- Jadwal dan Materi Belajar dari Rumah di tvri
Kurang lebih 10 menit sebelum jadwal Jalan Sesama ditayangkan , orang bau tanah mengajak anak duduk bareng dengan perilaku rileks dan menerangkan sekilas tentang tayangan Jalan Sesama , tokoh-tokoh inti seumpama Elmo dan Tatan. orang bau tanah juga perlu menyodorkan lamanya tayangan dan kesibukan yang hendak dilakukan dengan anak.
Ada banyak kesibukan yang sanggup dilakukan di saat mendampingi anak menyaksikan tayangan Jalan Sesama yang maksudnya untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dengan anak lewat kegiatan-kegiatan yang menggembirakan , menumbuhkan karakter positif , dan sanggup juga menguatkan rancangan wawasan yang disampaikan pada tayangan Jalan Sesama .
Kegiatan bareng anak ini tidak mesti pribadi dijalankan bersamaan dan dalam waktu singkat , tapi sanggup dijalankan secara fleksibel. Alternatif kesibukan yang sanggup laksanakan bareng anak di saat menyaksikan tayangan yakni selaku berikut:
Gerak dan Lagu
Orang bau tanah mengajak anak bernyanyi dan mengikuti gerakan tokoh atau lagu-lagu seumpama yang dicontohkan di tayangan Jalan Sesama .
Gerak dan lagu dilakukan secara santai dan menggembirakan , tidak mesti sama persis , yang penting anak bahagia dan berlatih motorik kasar.
Berdialog dengan Anak
Kembangkan pembicaraan interaktif dengan anak tentang topik yang sedang dibahas di tayangan Jalan Sesama , misal (saat menyaksikan tayangan tentang sayuran sehat): “Wah , ternyata wortel itu nikmat dan sehat , ya. Bagaimana menurut kamu?” Selain itu , orang bau tanah juga sanggup mengajak anak bermain tugas mengikuti tokoh yang dicontohkan dalam tayangan. Misal: “ Nah , kini Mama yang jadi dokter seumpama dokter Susan. Coba beritahu , terlihat atau tidak aksara dan angka yang mama tunjuk , dan sebutkan namanya ya!” (sambil mengambarkan kalender dalam jarak yang agak jauh).
Setelah final menyaksikan tayangan Jalan Sesama , orang bau tanah sanggup mengajak anak melakukan kesibukan alternatif selaku berikut:
1. Membacakan Buku Cerita ke Anak
Kegiatan membacakan buku dongeng sanggup menggunakan buku dongeng anak apa saja yang menawan dan mengandung pesan moral positif.
Selesai membacakan dongeng , orang bau tanah sanggup berdialog dengan dengan anak tentang tokoh-tokoh yang ada dalam buku dongeng yang dibacakan.
2. Anak Menggambar
orang bau tanah menawarkan kertas kosong atau sanggup menggunakan bab belakang kalender bekas dan pensil atau krayon , kemudian mengajak anak untuk menggambar bebas yang ia suka.
Setelah menggambar , tanyakan apa yang digambar oleh anak dan tuliskan apa yang diceritakan anak pada bab atas kertas. Dokumentasikan gambar tersebut.
3. Membuat Kolase
Alternatif kesibukan lain merupakan menghasilkan kolase atau mozaik menggunakan bahan-bahan sederhana yang mudah didapatkan di rumah.
Untuk kreasi , sanggup menegaskan gambar berupa binatang , tumbuhan , atau gambar panorama alam.
4. Berkebun
Kegiatan lain yang sanggup dijalankan bareng anak yakni berkebun , misalnya menyiram tumbuhan , menanam tumbuhan , dll.
Sesuaikan waktu kesibukan dengan keadaan dan usia anak. Dalam melakukan kesibukan bareng anak yang diutamakan yakni proses pengolahan kesibukan dimana anak merasa bahagia , tidak terbebani , terjalin kelekatan dan komunikasi yang bagus dengan anak , dan ada nilai-nilai moral yang terbangun.