7 Tahapan Pendataan Lewat Aplikasi Feeder Emis Madrasah - Ruang Pendidikan
Aplikasi Feeder Emis merupakan Aplikasi pendataan yang berbasis komputer setempat yang sanggup di sinkronisasikan dengan server pendataan di pusat.
Peluncuran Aplikasi ini berencana untuk membuat lebih gampang saluran forum madrasah dalam pendataan Emis.
Dengan adanya aplikasi gres ini , maka update data Emis kian lebih singkat di bandingkan dengan menggunakan basis web/online , alasannya merupakan dengan versi pendataan ini ditangani lewat mekanisme pendataan secara offline tanpa senantiasa tergantung dengan internet , saluran menggunakan data internet cuma di gunakan pada permulaan dan selesai pendataan saja guna untuk mengantarkan data ke server pusat.
Dengan adanya aplikasi gres ini , maka update data Emis kian lebih singkat di bandingkan dengan menggunakan basis web/online , alasannya merupakan dengan versi pendataan ini ditangani lewat mekanisme pendataan secara offline tanpa senantiasa tergantung dengan internet , saluran menggunakan data internet cuma di gunakan pada permulaan dan selesai pendataan saja guna untuk mengantarkan data ke server pusat.
Untuk menggunakan Aplikasi Feeder Emis ini , silahkan anda pelajari Prosedur dalam mengoprasikan Aplikasi tersebut , pada artikel sebelumnya sudah mimin beritahukan secara ringkas wacana mekanisme tersebut baca SE Updating Data Emis Melalui AFE , bila masih belum terperinci silahkan anda amati mekanisme penggunaan di bawah ini
Prosedur Pendataan Aplikasi Feeder Emis (AFE)
Sebelum rekan-rekan menggunakan Aplikasi Feeder Emis ini , langkah yang pertama yang mesti anda ketahui merupakan sistem dalam menggunakan AFE tersebut , agar pendataan sanggup berlangsung dengan maksimal.
Prosedur Pendataan Aplikasi Feeder Emis ini terdapat 7 (tujuh) peraturan yang mesti anda penuhi , oleh alasannya merupakan itu silahkan anda amati mekanisme pendataan pada Aplikasi Feeder Emis berikut ini
:
1. Pendatfaran
Untuk sanggup menggunakan Aplikasi Feeder Emis langkah permulaan anda mesti memiliki akun Operator Emis apalagi dulu , bila anda belum memiliki akun tersebut silahkan anda koordinasikan dengan Operato Emis Kabupaten/kota masing-masing:
- Cara Instal Aplikasi Feeder Emis
- Cara Download Aplikasi Feeder Emis
- Surat Edaran Updating Data Emis Melalui Aplikasi Feeder Emis
- Surat Pemberitahuan Aplikasi Feeder Emis
2. Unduh Aplikasi
Setelah forum Madrasah anda terdaftar , langkah berikutnya silahkan anda mengunduh Aplikasi Feeder Emis mlalui situs web Emis Dashboard atau anda lihat pada artikel sebelumnya yakni Cara Download AFE Semester Genap 2020.
3. Login Aplikasi
Sebelum anda menjalankan login pada aplikasi feeder emis , ada beberapa hal yang mesti anda amati diantaranya pastikan perangkat yang mau anda pakai sudah terhubung pribadi dengan internet , alasannya merupakan proses permulaan login tidak sanggup berlangsung tanpa adanya data internet alasannya merupakan user yang mau di gunakan mesti menggunakan user yang valid , data user disimpan di server dan cuma sanggup diakses dengan menggunakan internet (online).
Untuk login seterusnya anda tidak usah menggunakan data internet (bisa offline) , untuk itu pada login permulaan silahkan anda pastikan perangkat anda terhubung dengan koneksi internet
4. Ambil Data Lampau/Sinkronisasi Data Awal
Pada langkah ini untuk mensinkronkan antara Emis Madrasah dengan AFE anda di haruskan mengambil data lampau apalagi dulu atau mengupdate data tang tersimpan di server , alasannya merupakan pada di saat pertama kali , yang gres sanggup di tarik secara otomatis merupakan Data Profil Lembaga , sedangkan untuk kompunen data yang lain menyerupai data siswa , guru , tendik dan sarpras masih Nol (0) , sehingga perlu mengambil data apalagi dulu untuk Objek Data yang lain selain data lembaga
5. Pendataan
Pada Aplikasi Feeder Emis ini ada beberapa urutan yang mesti anda laksanakan secara urut , urutan pendataan tersebut merupakan selaku berikut:
- Update Manajemen Data Kelembagaan
- Update Manajemen Data Siswa
- Update Manajemen Data GTK (Guru dan Tendik)
- Update Manajemen Data Sarana dan Prasarana
Urutan proses pendataan diatas sanggup anda laksanakan secara offline atau tidak perlu koneksi jaringan internet.
Untuk Update administrasi data yang dimaksud merupakan proses melengkapi , memperbaiki dan udate data peningkatan kelas siswa , sedangkan untuk penambahan data diperkenankan cuma untuk data yang tidak ada dalam tumpuan , yakni Siswa Baru Kelas 1 MI dan siswa umum.
Sedangkan Manajemen Data untuk proses Mutasi Siswa/Guru , penambahan dan hapus data yang lain mesti ditangani secara online , dengan tujuan untuk mempertahankan Data Referensi
6. Sinkronisasi Data Akhir
Setelah semua data sudah terinput kedalam aplikasi secara lengkap dan benar , langkah berikutnya silahkan anda laksanakan sinkronisasi data keserver
Untuk proses ini anda memerlukan koneksi internet , sedangkan untuk menilik hasil sinkronisasi ini anda sanggup mengeceknya lewat laman Monitoring Feeder dengan alamat http://emisdep.kemenag.go.id/madrasah_emis/monitor/
7. Berita Acara Pendataan (BAP)
Langkah terakhir sehabis semua proses sudah anda laksanakan diatas merupakan menentukan bahwa semua objek pendataan secara lengkap sudah ditangani update dan valid silahkan anda Brita Acara Pendataan (BAP) pada Laman Monitoring Feeder
Demikian yang sanggup mimin sampaikan terkait 7 Tahapan dalam mengoprasikan Aplikasi Feeder Emis ini , mudah-mudahan dengan adanya tapahan ini sanggup menyediakan fasilitas rekan-rekan operator madrasah dalam mengoprasikan Aplikasi Feeder Emis ini
Related Posts